Yuk Belajar Online Shop !

Udah sekian lama ga ngeblog tapi tiba tiba pengen ngeblog tentang online shop nih. langsung aja lah ya kita bahas.

Pertama. Online shop  atau sering kita sebut olshop adalah sebuah transaksi jual beli yang dilakukan di berbagai media online dengan bantuan jaringan internet. Apasih pentingnya kita buka olshop. banyak loh. pertama kita bisa belajar mandiri, mencari uang sendiri, kemudian uang jajan kita bisa bertambah.


Dari pada lama sebelum di bahas media untuk membuka online shop  ada baiknya kalian mengetahui instilah penting di bawah ini. Langsung simak ya.... 

  1. Seller : Mereka adalah penjual atau pemilik online shop.
  2. Buyer : Mereka adalah para pembeli.
  3. PO : Singkatan dari  pre-order  yang memiliki arti barang tersebut belum ada tapi sudah di buka untuk pemesanan.
  4. Reseller : Adalah penjual yang menjual barang orang lain.
  5. Supplier: Adalah orang yang menyediakan pasokan barang untuk penjual. 
  6. COD : Cash On Delivery artinya adalah pembelian di mana penjual dan pembeli dapat bertatapan langsung. 
  7. Dropship: Pengantaran barang kepada konsumen dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku Reseller.
  8. Ready stock : Barang tersedia.
  9. Out of stock : Adalah kebalikan dari ready stock di mana barang sudah habis di tangan seller atau suplier.
  10. Restock:  Barang sudah tersedia kembali setelah mengalai out of stock.


kalau tadi udah ada beberapa istilah penting yang kalian harus ketahui sekarang adalah beberapa alat untuk melakukan penjualan atau transaksi di media online. langsung aja ya kita bahas satu persatu 
  • Lewat blog.
Hasil gambar untuk kaskus

Hmmm. Lewat blog ya? emang bisa? tentu aja bisa kan nama nya juga jual beli dengan bantuan jaringan internet. tapi kalo lewat blog atau web, kalian harus kerja sedikit lebih keras. karena lewat ini kalian ga bisa dapet notifikasi  atau pemberitahuan jika ada yang hendak membeli barang kita . Nih beberapa contoh olshop lewat blog: blog sendiri yang kita miliki, atau kaskus (kurang ngerti juga sih kaskus itu olshop atau bukan).


  • Aplikasi online shop.

Hasil gambar untuk tokopediaBanyak loh aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan jual beli. Dengan aplikasi pun jadi lebih mudah. Saat ada pembeli kita dapat pemeberitahuan dan tanggung jawab kita saat menggunakan aplikasi jauh lebih besar ketimbang menggunkan blog atau instagram. Contohnya: Bukalapak, Tokopedia, MatahariMall, dan masih banyak lagi.



  • Instagram.
Nah ini juga aplikasi tapi bedanya ini aplikasi untuk berbagi foto dan video. Untung banyak orang kreative jadi mereka berusaha menjual barang dengan mengunggah foto atau video tersebut. Nga hanya orang dewasa yang buka olshop di instagram. Tapi sebagian dari kita. Remaja SMP-SMA gitu. Contohnya teman saya sendiri. Mereka membuka online shop dengan nama fourystore atau kalian dapat buka di sini
https://www.instagram.com/fourystore/
Jangan cuma di buka tapi di beli juga. Hehehe #promosi.



Nah tadi udah di jelasin semua kan. jangan lupa untuk kalian yang ingin mendapat uang jajan lebih bisa di coba tuh buka  online shop. Jangan lupa ya kalian sebagai penjual harus bertanggung jawab dan sebagai pembeli juga harus pintar memilih olshop terpercaya.

Sekian catatan singkat dari saya maaf kalau ada salah pengetikan atau lainnya. Maaf juga kalo  jarang update. jangan lupa comment dan share ke temen temen o iya jangan lupa untuk stay tune on my blog. Akhir kata saya mengucapkan terimakasih.


XoXo,
bye 

Komentar